Harga Kambing Aqiqah Paket Terbaik Tahun 2023

Harga daging kambing aqiqah turun jika mengambil paket tahun ini. Berbeda dengan mencari proses, menyiapkan, dan kemudian mendistribusikan daging hewan aqiqah itu sendiri. Bila biaya operasional melakukan semuanya sendiri bisa lebih tinggi. Dan itu belum termasuk waktu yang perlu Anda curahkan untuk setiap langkah.
Dengan begitu, paket tabungan aqiqah menjadi pilihan paling digemari masyarakat Indonesia. Jika memilih menggunakan jasa penyedia layanan aqiqah Semuanya dilakukan sesuai dengan hukum dan aturan Islam. Termasuk mendapat keutamaan dan keberkahan ketika melakukan aqiqah.
Sebelum kita melakukan hal tersebut, kita perlu memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan aqiqah. Dari segi bahasa, aqiqah dan “akikah” berarti rambut di kepala bayi. Demikian pula sesuai dengan pengertiannya, aqiqah berarti binatang yang dibunuh dengan sengaja dengan maksud atau demi kebaikan anak dengan cara dipotong rambutnya.
Nah pada kesempatan kali ini GB Farm Animal Husbandry akan memberikan informasi mendalam mengenai seluk beluk aqiqah. Diawali dengan update harga kambing aqiqah hingga tahun ini dengan mengutamakan pelaksanaan aqiqah, syarat pelaksanaan, dan terakhir kualitas paket aqiqah yang lengkap.

Harga Kambing Aqiqah Berdasarkan Jenisnya

Lantas, berapa harga kambing yang di aqiqah? Unsur-unsur penentu mahal atau tidaknya suatu hewan dapat dilihat dengan memperhatikan jenis dan umur hewan tersebut, serta jenis kelamin dan aspek lainnya. Ada dua jenis hewan yang cocok untuk aqiqah. Mereka adalah domba atau kambing. Dilarang menggunakan hewan lain seperti ayam, kelinci, burung, ikan, dan lain sebagainya.
Makin kaya kambingnya makin bagus kualitasnya, makin besar ukuran dan jenis kelamin pejantannya tentu saja makin tinggi. Apalagi harganya lebih mahal dari kambing biasa (asalkan diperbolehkan syariat), berukuran sedang dan berjenis kelamin betina.
Untuk kambing, kami telah mencantumkan beberapa jenis kambing yang paling populer dimanfaatkan untuk tujuan aqiqah seseorang Indonesia. Selain harganya yang terjangkau, ternyata kambing jenis ini juga mempunyai jumlah yang sangat banyak.
1. Kacang Kambing
Merupakan kambing lokal dengan ukuran kecil – sedang yang tentunya dibanderol dengan harga yang sangat murah. Harga kambing aqiqah yang berasal dari jenis kacang dewasa dibanderol dengan harga 1 jutaan. Karena harganya yang terjangkau kambing kacang biasa dijadikan hewan Qurban, juga aqiqah.
2. Kambing Gibas atau Domba
Tahukah anda apa itu kambing yang berbulu lebat? Rambut gimbal atau yang biasa kita sebut dengan domba. Harga domba jauh lebih murah dibandingkan kambing karena sifat domba yang lebih mudah dirawat dan dagingnya, menurut beberapa orang, lebih lembut dibandingkan kambing. Gibas atau domba ini sangat cocok untuk dijadikan kambing aqiqah buah hati anda.
3. Kambing Etawa dan Ras Etawa (PE)
Kambing etawa dapat dikatakan sebagai salah satu jenis kambing perah (penghasil susu), dan dapat dijadikan hewan ternak aqiqah. Kelemahan dari kambing Etawa adalah fakta bahwa mereka tidak menawarkan jumlah daging yang sama seperti jenis kambing pedaging lainnya, karena mereka fokus pada produksi susu.
Kambing ras etawa (PE) merupakan hasil perkawinan silang antara kambing etawa (kambing lokal) dan etawa. Kambing PE menghasilkan kualitas daging yang lebih baik dan mampu menghasilkan susu yang berkualitas (kambing dwiguna).
Harga kambing aqiqah jenis etawa dan PE sedikit lebih mahal dibandingkan kambing Kacang dan gibas. Harga berkisar 2-3 jutaan berdasarkan dimensi dan umur. Dari 4 jenis kambing aqiqah, tak ayal kambing kacang dan gibaslah yang paling digemari.

Keutamaan dan Hikmah Melaksanakan Aqiqah

Setelah menyelesaikan aqiqah dengan lancar peran Anda sebagai seorang ayah akan tenang dan puas. Sebab, kewajiban finansial anak Anda dijamin oleh aqiqahnya menurut para ulama. Hal ini didasarkan pada pendapat yang berbeda-beda.
Pertama-tama anak yang meninggal sebelum mendapat aqiqah (syafaat) dari anak kepada orang tua atau sanak saudaranya, digadaikan pada Tagihan Kiamat. Ketiga, aqiqah dapat dijadikan pion untuk melindungi anak dari bahaya yang ada ketika ia hidup di dunia. Ketiga, menjadikan aqiqah sebagai pion, untuk memastikan anak benar-benar terbebas dari segala batasan setan.
Selain itu, amalan Aqiqah dapat memberikan banyak manfaat dan manfaat. Berikut ini beberapa hikmah yang dapat digunakan orang tua untuk mengajarkan amalan aqiqah pada anaknya.
1. Upaya Terpuji dalam Menghidupi Sunnah Nabi SAW
Murahnya harga kambing pemakan aqiqah, jelas tidak bisa dibandingkan dengan bukti bahwa kita mencintai Rasulullah . Ketika kita melakukan aqiqah, ini adalah cara yang bagus untuk mendukung sunnah sekaligus membuktikan kecintaan kita pada Islam.
2. Ungkapan Syukur kepada Allah
Aqiqah juga merupakan wujud rasa syukur orang tua atas keselamatan buah hatinya. Ucapan selamat yang sebesar-besarnya untuk bayinya dan sambutan hangat untuk ibu. Bersyukur merupakan kebiasaan yang sangat penting untuk membantu umat Islam agar tidak mudah tersinggung karena permasalahan di dunia.
3. Bukti Kepedulian Terhadap Sesama Manusia
TindakanPembagian aqiqah meningkatkan tali silaturahmi antar hablum minannas sejak daging matang diberikan kepada masyarakat. Hal ini sebagai wujud kepedulian terhadap sesama, terutama bagi mereka yang kurang menyukai rasa masakan daging kambing.
4.Hikmah Aqiqah Mempererat Persaudaraan
Aqiqah juga menjadi ajang ukhuwah untuk mempererat hubungan kekerabatan yang erat antar saudara tetangga dan semua pihak yang terlibat dalam acara tersebut. Saat mengadakan aqiqah akan ada undangan dari sanak saudara dan tetangga dekat untuk saling bertemu.
Mengenai bayi, aqiqah memberikan banyak hikmah dalam kelahirannya ke dunia. Dimulai dari doa-doa yang dipanjatkan banyak orang untuk menjamin keselamatan anak serta pahala terbebas dari pantangan setan agar terhindar dari penyakit atau kotoran.

Ketentuan Aqiqah dalam Islam

Untuk ketentuan pelaksanaan aqiqah harus mempertimbangkannya dari beberapa sudut. Aspek hukum aqiqah antara lain lamanya pelaksanaan, syarat hewan aqiqah, sampai shalat dan syarat orang dewasa untuk aqiqah. Berikut penjelasan beberapa aspek dan ketentuan aqiqah Islam.
1. Hukum Aqiqah
Sebagian besar ulama berpendapat bahwa hukum aqiqah sunnah adalah muakkad. Hal ini mengacu pada sunnah yang diberi penekanan kuat (hampir sebagai syarat). Demikian pendapat Imam Malik, Imam Syafi’i, Imam Ahmad, dan Abu Thaur.
Pendapat Imam Hasan Al Bashri dan Al Laits Ibnu Sal’ad berikut ini mengungkap syarat aqiqah. Menurut kedua pendapat tersebut ritual aqiqah merupakan salah satu yang patut dirayakan. Dengan cara ini Anda akan memperoleh kebijaksanaan dan kebajikan besar pada Hari Kebangkitan Anda.
2. Waktu Pelaksanaan Aqiqah
Waktu yang ideal untuk melaksanakan aqiqah adalah pada hari ke 7-14 atau hari ke 21 sejak hari kelahiran bayi. Namun boleh juga melakukan aqiqah pada hari-hari lain, misalnya sejak bayi lahir, hingga saat bayi mencapai usia baligh (dewasa).
3. Syarat Aqiqah Kambing
Pada tahapan selanjutnya, syarat hewan aqiqah antara lain hanya boleh di antara dua hewan, yaitu domba atau kambing. Pilihan terbaik adalah 2 ekor kambing jantan, dan satu ekor kambing betina. Usia ideal kambing aqiqah adalah di atas 12 bulan (1 tahun). Untuk memastikan tersedia cukup daging bagi ternak aqiqah dan keluarganya untuk bersenang-senang.
Domba atau kambingnya juga harus dalam keadaan sehat sempurna, tidak cacat dan tidak terlalu kurus. Di peternakan Gibas Barokah Anda bisa memilih mana yang cocok untuk aqiqah. Anda dapat melakukannya dengan memanfaatkan penggunaan panggilan video (video call).
4. Sholat aqiqah
Selain itu, ada keinginan khusyuk dalam hati untuk melakukan aqiqah atau tujuan mewakili pelaksanaan tata cara aqiqah kepada orang sekitar. Aspek lainnya adalah doa yang terbagi menjadi doa saat menyembelih hewan untuk aqiqah dan doa mencukur rambut anak. Usai mencukur rambut, orang tua hendaknya meniup ubun-ubun anak sambil membacakan doa keselamatan.
5. Aqiqah untuk Dewasa
Tergolong peristiwa khusus apabila seseorang sampai dewasa belum memperoleh aqiqah. Apa hukumnya orang yang sudah baligh namun belum mempunyai aqiqah yang diberikan oleh orang tuanya, mungkin pada saat itu orang tuanya tidak mampu, atau orang tuanya sudah meninggal? Menurut anda bolehkah menjalankan sunnah aqiqah untuk diri sendiri?
Berdasarkan pendapat para ahli, tidak ada diskualifikasi untuk melakukan aqiqah satu lawan satu. Oleh karena itu, bagi individu yang telah baligh, dan sudah dewasa, namun belum sempat melakukan aqiqah, dapat melakukannya sendiri. Tetap mendapatkan keutamaan serta hikmah aqiqah.
#hargakambingaqiqah #kambingaqiqah #syaratkambingaqiqah #umurkambingaqiqah #hargakambingaqiqahjawatengah #hargakambingaqiqahnurulhayatsurabaya #hargakambingaqiqahsurabaya #hargakambingaqiqahsidoarjo #hargakambingaqiqahgresik #hargakambingaqiqahterdekat #hargakambingaqiqahmadiun #hargakambingaqiqahmagetan #paketaqi qah #aqiqahsurabaya #paketaqiqahsurabaya #paketaqiqahsidoarjo #paketaqiqahgresik